Begini Pengaturan Waze Dan Google Maps Melewati Ganjil Genap Di Jakarta

13/07/2018 | 238 Dilihat

Untuk mempermudah pengendara dalam uji coba peraturan ganjil genap di DKI Jakarta, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Waze dan Google Maps dengan memberikan rute alternatif bagi pengemudi.

Uji coba peraturan ganjil genap yang diberlakukan selama sebulan masih menyimpan masalah krusial. Terlihat, masih banyak pengendara yang melanggar peraturan tersebut dengan alasan tidak tahu atau nekat menerobos karena masih tahap sosialisasi. Padahal, hanya dengan menggunakan fitur terbaru dari Waze dan Google Maps, pengendara bisa mendapatkan rute terbaru untuk sampai ke tujuan.

Gambar yang menunjukan peraturan ganjil genap yang ada di Jakarta

Peraturan ganjil genap akan diuji coba hingga 31 Juli 2018

>>> Ini lokasi dan rute jalan yang terkena kebijakan ganjil genap di Jakarta

Dalam keterangan resminya, Ketua Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, mengungkapkan kerjasama dengan Google Maps merupakan upaya Pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jalan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Pada waktu proses penyusunan kebijakan transportasi guna mendukung Asian Games berjalan beberapa waktu, BPTJ mengajak Manajemen Google agar ikut berpartisipasi mendukung kebijakan ini," jelas Bambang, Kamis (12/7).

>>> Dapatkan tips lalu lintas selengkapnya di Atasmobil

Atur Aplikasi Waze dan Google Maps

Bagi pengendara yang ingin menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari jalan alternatif dan menghindari terjebak dalam rute jalan bisa menyetel pengaturan aplikasi dengan cara:

  • Masukan lokasi tujuan dengan pilihan ‘Direction’,
  • Klik ‘Setting’ dan akan muncul pilihan “Route Option’,
  • Akan muncul pilihan ‘Advoid odd-even traffic fines in Jakarta’ dengan dua pilihan, Even Plate serta Odd Plate,
  • Pilih plat nomor kendaraan yang Anda pakai. Even Plate untuk pelat genap dan Odd Plate untuk pelat ganjil.
  • Klik ‘Save’,

Setelah itu, Anda bisa memilih tempat yang akan dituju. Aplikasi secara otomatis akan mengarahkan rute tercepat hingga rute alternatif bagi Anda dengan menghindari rute-rute yang tidak sesuai dengan pelat nomor kendaraan.

Gambar yang menunjukan aplikasi Google Maps yang ada pada smartphone

Perhatikan pilihan opsi ganjil genap pada Google Maps

>>> Beragam informasi seputar mobil bekas bisa Anda dapatkan di sini

Sebelumnya, Dinas Perhubungan juga telah bekerja sama dengan Waze, salah satu aplikasi navigasi yang terdapat pada smartphone serta tablet dengan koneksi GPS. Bagi Anda yang menggunakan Waze, berikut tips untuk mengaktifkan fitur genap ganjil pada aplikasi,

  • Masuk ke menu ‘Setting’,
  • Pilih menu ‘Navigasi’,
  • Pilih menu ‘License plate restriction’,
  • Lalu masukan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan.

Setelah itu, aplikasi akan melakukan rerouting dan memberikan arahan rute alternatif untuk menyesuaikan dengan implementasi genap ganjil di Ibukota.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memegang smartphone dengan aplikasi Waze

Pilihan untuk arahan ganjil genap juga ada di Waze

Uji coba genap ganjil akan dilakukan hingga 31 Juli nanti yang diperpanjang ketika gelaran Asian Games 2018 berlangsung. Pembaharuan jadwal genap ganjil di Jakarta diberlakukan setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

>>> Dapatkan tips dan trik otomotif hanya di Atasmobil

Filter Berita
Ulang